Sabtu, 04 April 2015

p-n JUNCTION




            Banyak piranti elektronika terdiri atas junction ( penyambung ) antara bahan pada baik yang sejenis maupun bahan yang tidak sejenis, seperti kombinasi antara bahan logam dengan bahan logam, bahan logam dengan bahan semikonduktor, bahan semikonduktor dengan bahan semikonduktor yang lain. Dari kombinasi bahan bahan ini dapat di kategorikan dalam beberapa jenis junction yakni
1.      Homo junction
Yaitu suatu junction yang di bentuk dari variasi tipe-p dan tipe-n bahan semikonduktor yang sama jenisnya, contoh junction pada pembentukan komponen elektronika seperti diode yang dibuat dari bahan semikonduktor silikon tipe-n dan tipe-p.
2.      Hetero Junction
Yaitu junction yang di bentuk dari bahan semikonduktor yang berbeda jenisnya, junction antara bahan semikonduktor GaAs dan GaAIAs pada pembentukan laser diode, atau pembuatan LED sebagai sumber cahaya dalam sistem optoelektronika.
3.      Junction logam-semikonduktor
Jenis ini merupakan junction antara bahan semikonduktor khususnya tipe-n yang dikontakkan dengan logam yang mempunyai fungsi kerja yang lebih tinggi, contohnya logam emas yang di doping dengan antimoni ( dengan presentase yang kecil/ sedikit ) dipadukan dengan bahan semikonduktor silikon tipe-n sehingga membentuk lapisan n+ pada permukaan semikonduktor. Terbentuknya lapisan n+ ini akan menambah sifat kontak ohmik yang lebih baik pada bahan semikonduktor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed by Animart Powered by Blogger