Sabtu, 04 April 2015

p-n Junction di bias maju




            Pada sistem p-n junction dalam kesetimbangan, bila kedua sisi di hubungkan dengan sumber tegangan luar maka akan timbul aliran arus dalam sistem. Kondisi ini akan terjadi bila daerah tipe-p dihubungkan dengan terminal positif sumber tegangan dan sebaliknya daerah tipe-n dihubungkan dengan terminal negatif. Susunan demikian ini di sebut dengan p-n junction di bias maju. Daerah deplesi merupakan daerah yang sangat sensitif di bandingkan daerah lain, sehingga tegangan luar V akan menurunkan potensial kontak di daerah deplesi (e(Vo – V)). Akibatnya semakin memperkecil potensial barrier, dan memperbesar kemungkinan pembawa mayoritas untuk melampaui potensial barrier dan menghasilkan arus difusi yang lebih besar di banding arus hanyut ( drift current ) yang ada dalam sistem
p-n Junction di bias balik
             Bentuk pemberian bias yang lain pada p-n junction adalah bias balik, yakni dengan menghubungkan daerah tipe-p dengan terminal negatif sumber tegangan. Pemberian arus bias balik mengakibatkan adanya penambahan potensial barrier pada daerah deplesi ( Vo + V ) sehingga mengurangi arus difusi yang terjadi dalam sistem.  Aliran arus netto yang terjadi pada p-n junction karena bias balik hanyalah merupakan arus hanyut yang mengalir dari tipe-n ke tipe-p. Tidak ada penambahan arus karena pemberian tegangan.
            Dari kedua macam kondisi pemberian beda potensial pada p-n junction dapat di peroleh grafik karakteristik arus – tegangan. Pada posisi sistem p-n junction di bias maju, arus yang terjadi bertambah secara eksponensial terhadap tegangan antara kedua daerah, sedangkan pada bias balik timbul arus yang mencapi titik jenuh pada saat io sama dengan Jo kali luas penampang junction.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed by Animart Powered by Blogger