Selasa, 10 Maret 2015

Aplikasi dari Fiber – Optic System



 Ø  Bidang Teknologi Komunikasi 
 o   Jaringan Koneksi Bawah Laut 
                Jaringan ini melintasi antara daratan, AT&T dihadapi oleh konsorsium internasional yang dikembangkan menjadi jaringan Fiber – Optik transatlantic bawah laut. Jaringan ini merupakan jaringan bawah laut yang menghubungkan antara benua Eropa dengan Amerika Serikat. Jaringan ini menggunakan sistem TAT – 8 yang panjangnya telah lebih dari 3000 mil laut dan menjadi trans – oseania kabel Fiber – Optic pertama. TAT – 8 didesain untuk mengatasi kecampuran informasi atau data. Dengan menggunakan sistem ini, diperkirakan jaringan koneksi bawah laut mampu dipakai hingga 20 tahun mendatang.
Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh jaringan koneksi bawah laut ini, yaitu suhu dingin air laut, temperature, tekanan air dan kondisi lingkungan ekstrem yang dapat membuat replikasi informasi memiliki tingkatan error dan kehilangan proses transmisi. Selain itu gangguan dapat juga ditimbulkan oleh kapal penangkap ikan.
o   Jaringan Fiber – Optik dan Penggunaan Satellit
Dengan adanya transmisi satelit memungkinkan untuk digunakan, tergantung kondisi atmosfer bumi yang dapat menyebabkan keterlambatan minimum dan keramaian transimisi data dalam satelit. Transmisi melalui satelit memungkinkan untuk tidak perlu adanya otoritas individu sehingga dapat menerima sinyal.
Contoh : penggunaan jaringan berita, perkembangan industri komunikasi telepon dan aplikasi teleconference. Berbagai jenis teknik proses juga menambah refleksi dari Fiber – Optik sistem.
       Ø  Bidang Kesehatan
Jaringan Fiber – Optic digunakan dalam beberapa tipe laser bersalin. Serat berfungsi sebagai alat untuk mentransport gelombang sinar untuk melakukan persalinan. Alat ini memiliki dua sisi optical fibers. Pertama, sisi illuminasi (membawa gelombang cahaya atau sinar kedalam serat) dan sisi penggambaran (mengtransmisikan gambar kepada observer). Biasanya dalam bidang kesehatan, selain untuk membantu proses persalinan digunakan juga dalam memerikas bagian dalam tubuh manusia.
       Ø  Bidang Ilmu Alam
Sensorik Fiber – Optic digunakan untuk memonitor kondisi fisik dari struktur yang berbeda. Serat dipasang di dalam campuran material. Misalnya, ditempel dibagian pesawat ulang – aling dalam mengecek stasiun ruang angkasa. Walaupun serat memungkinkan untuk tidak mereplikasi data komputer, namun tetap melakukan penelitian dengan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed by Animart Powered by Blogger